Tentang Masjid Mujahidin Pontianak

Tentang Masjid Mujahidin Pontianak

Masjid Mujahiddin lebih di  kenal dengan sebutan Masjid Raya Mujahiddin yang menunjukkan bahwa masjid tersebut sebagai Masjid terbesar di Kalimantan barat. Masjid Raya Mujahiddin terletak di pusat Kota Pontianak, bentuk bangunan yang luas dan megah menjadikan masjid ini sebagai icon umat muslim Kalimantan barat, khususnya kota Pontianak. Masjid Raya Mujahiddin berdiri sejak tahun 1978 dan sudah mengalami beeberapa kali renovasi, setelah mengalami beberapa tahapan-tahapan renovasi akhirnya masjid ini selesai pada tahun 2015.



Masjid Raya Mujahiddin terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani, kel. Akcaya, kec. Pontianak selatan, Akcaya, Kota Pontianak, Kalimantan barat. Menara masjid yang menjulang tinggi membuat Masjid ini bisa di lihat dari jarak sekitar dua kilometer. Mujahiddin merupakan nama yang di nobatkan untuk Masjid dan juga yayasan yang mengelolah Masjid terbesar ini. Mujahiddin juga sebagai Nama sekolah yang terdapat di sekitar komplek Masjid Raya Mujahiddin.

Bangunan Masjid Raya Mujahiddin terdiri dari dua lantai, lantai pertama di gunakan untuk ruang serba guna yang bisa disewakan untuk acara-acara keluarga. Lantai utama terletak di lantai dua yang di fungsikan untuk sholat berjamaah setiap hari dan juga pusat dakwah di kota Pontianak. Bangunan yang megah di tujang dengan lima menara yang menjulang tinggi sehingga membuat Masjid Raya Mujahiddin terlihat sangat indah. Bangunan yang megah  menjadikan Masjid Raya Mujahiddin sebagai objek fotografi dan videografi di kota Pontianak serta menjadi objek rekreasi Islami di pusat Kota Pontianak.

Baca Juga |


Bangunan Masjid Raya Mujahiddin memiliki diameter yang cukup besar dan luas, nama Mujahiddin merupakan nama yang di usulkan oleh Achmad Mawardi Djafar sebagai dedikasi kepada para pejuang kemerdekaan Indonesia dari Kalimantan barat. Selain bangunan masjid yang megah, Masjid Raya Mujahiddin juga mempunyai halaman parkir yang cukup luas. Masjid Raya Mujahiddin di kelola oleh yayasan Mujahiddin yang bertugas untuk mengelola dan membuat program-program keagamaan di Masjid Raya Mujahiddin.



Masjid Raya Mujahiddin tidak pernah sepi jamaah, hal ini di karenakan masyarakat Pontianak dan juga Kalimantan barat sadar akan pentingnya memakmurkan Masjid. Yayasan Mujahidddin juga memiliki program rutin untuk menyediakan Buka puasa Sunnah gratis setiap hari senin dan kamis. Selain itu, di masjid Raya Mujahiddin juga sering di adakan kajian rutin dan sesekali mengundang Da’I kondang di Indonesia sehingga jamaah yang datang mampu memenuhi ruangan Masjid Raya Mujahiddin. Ketika Bulan Ramadhan tiba maka masjid Raya Mujahiddin akan menjelma menjadi pusat kegiatan masyarakat kota Pontianak, karena biasanya di halaman Masjid Raya Mujahiddin didirikan bilik-bilik untuk berjualan makanan buka puasa.

Penulis: Zakaria Efendi
Load comments